Senin, 05 Juni 2023

Periode Kedua Duta Literasi SDN Karangduak II

 Oleh: Nelidya nabila Putri Candra

Program ‘Duta Literasi’ adalah bentuk upaya yang diadakan oleh rekan-rekan Kampus Mengajar untuk meningkatkan minat literasi bagi seluruh peserta didik SDN Karangduak II. Kami melakukan sosialisasi kepada para Wali Kelas dan juga peserta didik sebelum menjalankan program ini. Kami menjelaskan apa itu  Duta Literasi, bagaimana proses pemilihan Duta literasi, dsb. Duta Literasi ini dipilih setiap 15 hari sekali, jadi setiap peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan predikat ini. Tidak ada ketentuan dibagian kategori buku yang harus mereka baca, buku yang dibaca bisa berupa buku fiksi maupun non fiksi. Kami sudah menyediakan jurnal baca yang dapat mereka isi setelah selesai membaca buku-buku tersebut. Pembaca buku atau judul terbanyak yang akan terpilih menjadi Duta Literasi di setiap periode nya.

Pemilihan Duta Literasi ini sudah sampai di periode kedua. Periode kedua dari Duta Literasi terhitung sejak 18 April sampai dengan 16 Mei. Para peserta didik benar-benar sangat antusias, sejak ada program ini Perpustakaan tidak hanya ramai oleh para pembaca, namun juga ramai oleh para peserta didik yang mengumpulkan jurnal baca mereka kepada PIC kelas masing-masing. Jadi setelah para peserta didik selesai membaca buku dan mengisi jurnal baca, sebelum diserahkan kepada pihak Kami, mereka harus mendapatkan paraf terlebih dahulu dari Wali Kelas masing-masing. 

Untuk periode kedua ini ‘Duta Literasi’ diraih oleh Wulan Ramadania dari kelas 5B, 20 judul sudah Wulan Ramadania baca dalam kurun waktu 15 hari. Sebagai bentuk apresiasi, Kami memberikan Wulan Ramadania reward yang juga sudah Kami sampaikan saat sosialisasi program ini di awal.

0 comments:

Posting Komentar