Kamis, 08 Juni 2023

MENONTON FESTIVAL JARAN SEREK BERSAMA SISWA-SISWI SDN KARANGDUAK II

 Oleh: Indah Faizatul Qomariyah


Pada hari Sabtu, tanggal 27 Mei 2023 Pemerintah Kabupaten Sumenep mengadakan Festival Jarak Serek. Tujuan dari diadakannya Festival Jaran Serek ini adalah untuk melestarikan budaya Sumenep di era yang mengalami banyak perubahan, baik pola pikir manusia maupun budaya saat ini yang banyak dipengaruhi oleh budaya asing. Jaran Serek dalam bahasa Indonesia berarti Kuda Menari, kuda-kuda yang ikut festival ini akan diiringi musik saronen yang juga merupakan musik tradisional Sumenep.

Oleh karena itu Kepala Sekolah SDN Karangduak II mengajak siswa-siswinya untuk menonton Festival Jaran Serek ini dengan tujuan untuk mengenalkan budaya tempat tinggal mereka yaitu Sumenep dan juga mengajarkan kepada siswa-siswi SDN Karangduak II untuk menjaga dan melestarikan budaya yang ada. Siswa-siswi yang diajak untuk menonton Festival Jaran Serek ini dari kelas 4 sampai kelas 6. Para siswa berjalan kaki dari sekolah menuju tempat untuk mononton Festival Jaran Serek, tempat tersebut merupakan rute yang akan dilewati oleh peserta Festival Jaran Serek. Para siswa didampingi oleh  Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 dan juga para guru SDN Karangduak II serta Ibu Kepala Sekolah yang ikut mendampingi siswa-siswinya dikarenakan tempat yang dituju melewati jalan raya besar yang tentunya akan banyak kendaraan yang melintas.

 Pada saat menonton, siswa- siswi begitu atusias dan semangat sampai-sampai mereka begitu tidak sabar ingin berada di paling depan agar bisa menonton Jaran Serek dengan jelas. Sesudah menonton Festival Jaran Serek siswa-siswi kembali ke sekolah dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

0 comments:

Posting Komentar